//
you're reading...
Uncategorized

Pemkab Labuhan Batu Akan Tindak Spekulan Sembako

RANTAU PRAPAT |KLIKTV – Menjelang bulan suci Ramadan, spekulan sembilan bahan pokok (sembako) diperkirakan akan beraksi. Wakil Bupati Labuhanbatu, Suhari Pane, meminta agar aksi ini dipantau seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Suhari mengatakan, Pemkab Labuhanbatu tidak akan segan-segan memberi teguran dan sanksi kepada spekulan yang kedapatan menimbun sembako. Pemkab juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. “Bila perlu spekulan tersebut harus ditindak secara hukum,” tegasnya kepada wartawan di Rantau Prapat.

Sementara untuk mengantisipasi spekulan melakukan penimbunan bahan pokok, Pemkab secara intensif akan meminta kedinasan untuk terus melakukan pendataan dan pemantauan terhadap jumlah stok bahan kebutuhan pokok di masyarakat.
Munculnya spekulan disebabkan permintaan kebutuhan begitu tinggi. Hal inilah yang membuat spekulan berani menimbun untuk dijual dengan harga tinggi pada saatnya.

Suhari mengaku bisa memahami kenaikan harga sembako, namun tetap ada ambang batasnya lima hingga sepuluh persen. Sementara lonjakan harga yang melampaui ambang batas akan disikapi dengan melalui operasi pasar atau intervensi lainnya.

Dia menjanjikan kepala dinas perindustrian dan perdagangan segera memantau harga pekan ini hingga pada awal Ramadan agar diketahui pergerakan inflasi.

Permintaan komoditas kebutuhan pokok masyarakat cukup tinggi, khususnya awal Ramadhan mendatang.Kondisi ini menyebabkan gejolak harga, apalagi bila permintaan tidak seimbang dengan ketersediaan stok di distributor. Selain stok harus mencukupi,harga di pasaran harus stabil dan terjangkau oleh masyarakat.”Tapi, kenaikan harga itu diharapkan tidak sampai mencekik konsumen,” ujar Suhari sembari berharap para penyuplai barang atau distributor tidak memanfaatkan kondisi ini untuk melakukan permainan harga.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Pemkab Labuhanbatu, Nirwan Latif Siregar, menjamin kebutuhan daging bagi masyarakat Labuhanbatu tidak mengalami kekurangan, khususnya menjelang bulan suci Ramadhan.”Pedagang yang kita datangi menyatakan akan siap menyediakan kebutuhan daging. Stok ternak untuk potong ditingkat pedagang dan peternak hingga kini mencapai tiga belas ribu ekor,” kata Nirwan(.sumberDNA/ran/lb)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Juli 2011
S S R K J S M
    Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Statistik Blog

  • 8,666 hits
%d blogger menyukai ini: