//
you're reading...
Uncategorized

Rapat Koordinasi DPRD Sumut Dengan Sejumlah Instansi terkait Dan Pemprovsu Tentang Pasokan Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan dan Idul Fitri

http://www.medanbisnisdaily.com/functs/viewthumb.php?id=proyek_gedung_dprd_sumut_sarat_penyimpangan_419.gif&w=545

Medan, (Kliktv)

Pemprovsu menjamin, ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2011 di Sumut, dalam keadaan aman, begitu juga terhadap lonjakan harga sembilan bahan pokok yang dinilai masih dalam batas wajar.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi yang digelar DPRD Sumut bersama Pemprovsu, Poldasu, Pertamina, Bulog dan berbagai instansi terkait lainnnya yang langsung dipimpin Ketua DPRD Sumut H Saleh Bangun dan Wakil Ketua Komisi B Guntur Manurung, Senin (25/7).

Rapat yang juga dihadiri Kapoldasu Irjen Pol Wisdjnu Amatsastro dan Asisten III Pemprovsu Asrin Naim beserta anggota Komisi B di antaranya Sekretaris Komisi Syahrial Harahap, Washington Pane, T Dirkahnsyah Abu Subhan Ali, Sudirman Halawa juga membahas berbagai upaya yang harus dilakukan pemerintah agar ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin.

Asrin Naim dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, untuk mengantisipasi ketersediaan kebutuhan pokok dan lonjakan harga, Pemprovsu telah melakukan berbagai langkah kebijakan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di daerah ini.

Berbagai langkah kebijakan tersebut antara lain, Pemprovsu telah meminta Bulog untuk mempercepat penyaluran beras miskin (raskin) dalam hal ini jatah raskin bulan Agustus 2011 disalurkan Juli 2011 dan harus selesai sebelum bulan suci Ramadhan tiba.

Kemudian untuk mengantisipasi kenaikkan harga sembako, Pemprovsu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut telah mengadakan rapat dengan seluruh asosiasi beras, gula, minyak goreng, tepung terigu mentega dan lain sebagainya, sehingga ketersediaan berbagai kebutuhan tadi dapat terjamin dengan harga yang wajar.

Langkah Cepat

Selain melakukan dua kebijakan di atas kata Asrin Naim, Pemprovsu juga telah melakukan monitoring harga sembako dan kebutuhan lainnnya ke pasar-pasar tradisional. Selanjutnya akan melakukan langkah cepat dan tepat apabila terjadi kenaikan harga dalam upaya stabilitas harga sembako dan kebutuhan strategis sampai pada tingkat harga wajar.

“Apabila terjadi kenaikan harga beras di wilayah masing-masing, agar bupati/walikota segera berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar khususnya beras di wilayah masing-masing, serta menindak tegas setiap pelaku penyimpangan seperti penimbunan bahan-bahan pokok dan spekulasi harga,” kata Asrin Naim.

Sementara Kabulog Divre I Sumut Ir Nasrun Rahmani dalam penjelasannnya menyebutkan, persedian beras untuk keperluan bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri berada dalam kondisi aman. Terkait perkembangan harga beras mingguan mulai April hingga minggu kedua Juli cenderung mengalami kenaikan, tetapi masih dalam batas normal yang berkisar tidak lebih dari 10 persen.

Kondisi ini kata Nasrun, diperkirakan akan terjadi hingga akhir September khususnya untuk kualitas beras premium dikarenakan terjadinya peralihan konsumsi masyarakat dari kualitas medium ke premium. “Untuk mengantispasi kenaikan harga beras kita telah melakukan berbagai operasi pasar yang digelar di berbagai daerah, kata Nasrun.

Demikian juga halnya dengan kesiapan penyediaan dan pendistribusian BBM di wilayah Sumut menjelang Ramadhan dan Idulfitri. Menurut pihak Pertamina melalui Sales Manager Fuel Retail Marketing Area Sumatera Utara Budhi Busama, pihaknya akan terus menjaga dan memantau kelan-caran serta persediaan BBM dan non BBM, baik jenis premium, solar dan Pertamax di SPBU, minyak tanah di pangkalan wilayah non konversi, LPG 3 kilogram di pangkalan wilayah konversi LPG 12 kilogram di agen dan sub agen.

Kemudian menjaga kesiapan sarana dan prasarana dan fasilitas operasi di instalasi/depot/DPPU guna menghindari kemungkinan ada kendala dalam penyediaan BBM dan non-BBM serta berkoordinasi dengan lembaga/instansi terkait apabila terjadi gejolak permintaan di masyarakat.

Sementara itu Kapoldasu dalam keterangan mengatakan, untuk mengantisipasi berbagai hal baik itu adanya penimbunan sembako dan BBM serta hal-hal lain yang dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat khsusunya ketersediaan sembako, pihak kepolisian akan melakukan pengamanan di berbagai lokasi yang dianggap rawan seperti SPBU, pusat-pusat perbelanjaan serta berbagai tempat yang rawan terjadinya tindak kriminal.

Anggota Komisi B Washington pane usai mengikuti rapat koordinasi tersebut kepada Analisa menuturkan, komisi B DPRD Sumut akan terus memantau dan mengevaluasi tentang berbagai pernyataan yang disampaikan berbagai instansi terkait tersebut.

Dalam waktu dekat kami akan meninjau langsung ke lapangan, untuk melihat apakah berbagai kebijakan tadi sudah dilakukan atau hanya sebatas pernyataan saja, kata politisi dari Fraksi PPRN ini. (di)

Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Juli 2011
S S R K J S M
    Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Statistik Blog

  • 8,990 hits
%d blogger menyukai ini: