//
you're reading...
Uncategorized

Kapoldasu : Kamtibmas di Sumut Aman dan Terkendali

https://i2.wp.com/www.mandailingonline.com/wp-content/uploads/2011/05/kapoldasu-wisnu.jpeg
Medan, (kliktv). Kapoldasu, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro menyatakan kondisi Keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) Sumut saat ini dalam keadaan aman dan terkendali. Hal itu melihat lancarnya aktivitas masyarakat tanpa ada hambatan dan gangguan.

“Sumut dipastikan aman, dan tidak ada gangguan untuk saat ini,” kata Kapolda dalam rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Sumut di kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Jumat (5/8).

Dikatakan Kapoldasu, Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bukan hanya tugas pokok Polisi saja tapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama. Langkah-langkah yang telah di ambil untuk pengamanan membantu masyarakat terus di sinegrikan dan di tingkatkan, ujar Kapolda.

Seperti saat ini, tindak pidana di tengah masyarakat meningkat menurut data yang dihimpun oleh pihak Polda Sumut. Dari tahun ke tahun masih mengalami peningkatan. Seperti tahun 2009 tindak pidana sekitar 35 ribu kasus dan meningkat di tahun 2010 sekitar 41 ribu kasus.

“Namun kondisi ini terjadi dipengaruhi oleh tingkat kesejahteraan masyarakat. Jika kesejahteraan masyarakat meningkat, maka tindak pidana akan menurun,” kata Kapoldasu. Hal ini terbukti dengan data pencurian berat (curat) sekitar 4477 di tahun 2011.

Makin Meningkat

Tingkat laka latas juga semakin meningkat, hal ini terjadi karena peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Khususnya sepeda motor. Saat ini, peningkatan jumalh kecelakaan lalu lintas sangat meningkat tajam. Tahun 2010 jumlah laka lantas 2109 kasus meningkat di tahun 2011 menjadi 2265 per Juli. “Dan merupakan penyumbang angka kematian terbesar dari laka lantas,” kata Wisjnu. Menurut data laka yang dihimpun hingga Juli 2011 dari 2265 kasus, yang meninggal 976 orang.

Banyak orangtua yang melepas anaknya begitu saja. “Bahkan orang tua banyak yang senang melihat anaknya bisa diusia dini mengendarai sepeda motor,” katanya.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Leo Siegers menyatakan pihaknya akan turut membantu pengamanan jika dibutuhkan. Bahkan jika Sumut tidak aman bersedia untuk dicopot. “Kami akan selalu koordinasi, jika tidak bisa menjamin keamanan di Sumut kami siap untuk dicopot,” katanya.

Sedangkan untuk keamanan di perbatasan Kapoldasu telah menugaskan masing-masing polres untuk lebih proaktif. Sehingga akan diperlengkapi di masing-masing pos pengamanan. Semua kelengkapan akan dilengkapi, untuk pengamanan, bukan hanya personil namun juga perlengkapan yang dibutuhkan.(ir)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Statistik Blog

  • 8,666 hits
%d blogger menyukai ini: