//
you're reading...
Uncategorized

2012 Tidak Ada Lagi Pemadaman

https://i1.wp.com/padang-today.com/up/berita/PLN.jpg

MEDAN (kliktv): Supplay listrik di Sumatera Bagian Utara akan bertambah dengan adanya GITET 275/150 kV, 2×250 MVA Binjai yang mengevakuasi energi listrik dari PLTU Pangkalan Susu sebesar 440 MW (2×220 MW). Dengan demikian diharapkan pada 2012, pemadaman listrik di Kota Medan dan sekitarnya tidak akan ada lagi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Operasi Indonesia Barat M Harry Jaya Pahlawan saat meresmikan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 275/150 kV Binjai dengan kapasitas 2×250 MVA dan Reaktor 50 MVAR, di Desa Jati Karya, Kecamatan Binjai Utara, Sumut, Kamis (11/8).

 

Acara peresmian GITET tersebut turut dihadiri General Manajer (GM) PT Persero PLN Sumut Ir. Krisna Simba Putra, GM Unit Induk Pembangunan Gardu Jaringan Sumatera I Bintatar Hutabarat, GM Pembangkit Sumatera Bagian Utara Ikuten Sinulingga, GM Unit Induk Pembangunan Pembangkit Sumatera I Sulaiman Daud, Manajer Cabang Binjai Pintor Hutapea dan jajaran PLN lainnya.

 

Harry Jaya Pahlawan menjelaskan, GITET Binjai yang menelan biaya Rp321 miliar ini, dibangun untuk menyalurkan energi listrik yang dibangkitkan dari PLTU Pangkalan Susu sebesar 440 MW (2×220 MW) ke Sistem Kelistrikan Sumatera Bagian Utara melalui Transmisi Line 275 kV Pangkalan Susu-Binjai.

 

“GITET ini nantinya akan mendukung sistem backbone 275 kV Sumatera dan juga memasok daya khususnya untuk kebutuhan Kota Medan dan sekitarnya,” ujarnya seraya menyebutkan, PLTU Pangkalan Susu saat ini sedang dalam tahap penyelesaian dan akan beroperasi pada tahun 2012.

 

Dia menyebutkan, dengan beroperasinya GITET Binjai tersebut aliran daya untuk pemenuhan kebutuhan tenaga listrik Kota Medan dan sekitarnya tidak lagi disupplay dari Pembangkit di Belawan seperti yang terjadi selama ini. “Dengan demikian sistem catu daya ke Kota Medan akan berasal dari dua titik pembangkit, sehingga masalah pemadaman akibat kekurangan daya sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

 

Pada kesempatan itu Harry menyampaikan, GITET Binjai merupakan yang kedua di Sumatera setelah sebelumnya GITET Simangkuk yang diresmikan Presiden RI pada Januari 2011 lalu. Secara keseluruhan backbone 275 kV Sistem Sumatera diharapkan akan selesai pada 2015. “Pada saat ini kami sedang melaksanakan pembangunan jaringan transmisi 275 kV dari Binjai-Galang-Simangkuk-Sarulla-Padang Sidempuan,” katanya.

 

Menjawab pertanyaan wartawan apakah ada jaminan listrik di Sumut tidak akan padam, Harry Jaya Pahlawan mengatakan, pemadaman biasanya dilakukan dikarenakan supplay tidak cukup, tetapi sejak Juni 2010 dimana Presiden RI mencanangkan tidak ada lagi pemadaman listrik, pihak PLN telah memenuhi kebutuhan tenaga listrik dan supplaynya saat ini sudah cukup sehingga tidak ada lagi pemadaman.

 

Namun menurutnya, berbeda dengan padam yang bisa disebabkan gangguan teknis, itu pasti akan terjadi suatu waktu. Misalnya akibat gangguan alam, hujan, pohon tumbang dan lainnya yang menyebabkan bisa dari pembangkit, jaringan maupun instalasi di dalam rumah mengalami kerusakan. “Listrik padam akibat gangguan-gangguan tersebut, itu tidak bisa dihindari. Namun saya meminta kepada petugas PLN untuk dapat segera mengatasinya agar listrik padam tidak terlalu lama,” ujarnya.

 

Buruknya SDM

 

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Sumut Marahalim Harahap, kepada Waspada mengatakan bahwa masalah pemadaman listrik saat ini bukan karena PLN kekurangan daya. ‘’Tapi karena buruknya SDM (Sumber Daya Manusia) petugas PLN,’’ katanya.

 

Sesuai dengan ekspose pihak PLN Sumut di DPRD Sumut beberapa waktu lalu, menurut Marahalim Harahap, diketahui bahwa daya listrik untuk Sumut mencukupi. Pada saat beban puncak saja PLN masih memiliki cadangan 118 MW. Artinya, kata anggota Fraksi Partai Demokrat ini, dengan kondisi itu seharusnya tidak perlu terjadi pemadaman listrik.

 

Pemadaman listrik yang selama ini terjadi, menurut Marahalim, bukan karena PLN kekurangan daya listrik. Tapi karena buruknya mental aparat PLN. Berbagai masalah kemudian terjadi karena hal itu. Misalnya gardu meledak, korsleting jaringan dan lain sebagainya. Jadi yang harus dibenahi itu adalah menejerial PT PLN. ‘’Buktinya, sampai sekrang saja masih terjadi pemadaman listrik dengan alasan macam-macam,’’ katanya.

 

Sekadar Janji

 

Sementara itu, Ketua Lembaga Advokasi Perlindungan Konsumen (LAPK) Farid Wajdi menilai, janji-janji pihak PLN bahwa tidak ada pemadaman hanya sekedar janji yang selama ini sering terjadi, meskipun tenaga listrik mengalami surplus namun tetap saja masih ada pemadaman.

 

Farid Wajdi menilai, ada kontradiksi informasi antara surplus dengan pemadaman, selanjutnya PLN membangun mitos yang kurang elok dan elegan bahwa selama ini kesannya pemadaman terjadi karena faktor alam, padahal sebenarnya pola pelayanan mereka yang dinilai buruk atau tidak bagus. Di sini juga ada kesan pendangkalan masalah bahwa kalaupun ada pemadaman itu dikarenakan faktor alam yang mengait-ngaitkan Tuhan.

 

“Kita tidak terlalu banyak berharap dalam konteks janji, karena sebenarnya dari sekian tahun lalu kita sudah disuguhkan dengan berbagai janji, tapi faktanya meskipun mereka menyatakan surplus dan tidak akan ada pemadaman kecuali faktor alam, kita sebenarnya sudah jenuh dengan pelayanan yang memuakkan,” ujarnya.

 

Dia menyebutkan, PLN harus benar-benar memiliki komitmen, bahwa kepentingan konsumen di atas segala-galanya, kemudian komunikasi harus diperbaiki, perbanyak komunikasi dengan pelanggan seperti penjelasan tentang masalah-masalah yang krusial.

Sumber:waspadamedan.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Agustus 2011
S S R K J S M
« Jul   Sep »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Statistik Blog

  • 8,714 hits
%d blogger menyukai ini: