//
you're reading...
Uncategorized

Akibat Sengketa Lahan 40 Ha Tanaman Karet PTPN 3 Mengering

https://i1.wp.com/dnaberita.com/foto_HL/small_1Mengering.jpg

LUBUK PAKAM I DNA – Sengketa berkepanjangan perebutan lahan eks HGU PTPN 3 seluas 345,556 Hektar (ha) antara Koptan Sukses Mandiri dengan PTPN 3, mengakibatkan sekitar 40 Ha tanaman karet mengering,bahkan mati. Berdasarkan pantauan DNAberita akhir pekan silam dilokasi konflik yang berada di afdeling 1-4 kebun Sei Putih PTPN 3 Kecamatan Galang. Terlihat tanaman karet berusia produksi mati mengering akibat kurang perawatan dari pihak PTPN 3.

Semenjak pecahnya konflik horizontal tahun 1998 antara Koptan Sukses Mandiri dengan PTPN 3, tidak ada perhatian pihak perusahan terhadap tanaman yang berada di areal 40 Ha itu. Perawatan terhadap tanaman tersebut berkurang.

Akibatnya, tanaman mengering mulai akar hingga pucuknya, sehingga tidak dapat disadap lagi. Selain kurang terawatnya tanaman itu penyebab lain mengeringnya tanaman karena dikarenakan dibatang tanaman ditemui bercak hitam yang sengaja dioleskan. Seluruh batang tanaman mengering. Tentu saja lambat laun  tanaman mati mengering.

“Kami tidak mengetahui apa menyebabkan tanaman karet mati mengering. Pastinya tanaman tidak pernah kami usik. Soalnya yang kami masalahkan adalah pengusahan lahan,”bilang Eri Suhari pengurus Koptan Sukses Mandiri, saat ditemui dilokasi.

Lanjutnya, bahwa PTPN 3 telah menyalahi peraturan, pasalnya sekitar 2007 silam perusahan plat merah itu mengelontorkan sekitar Rp 2, 958 miliar untuk replanting di Kebun Sei Putih PTPN 3 dengan seluas 174 Ha.

Padahal lahan seluas 174 Ha merupakan bagian dari lahan sekitar 380 Ha yang tahun 2005 silam HGU telah berakhir. Karena tetap ditanami PTPN 3. Koptan Sukses Mandiri melakukan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam.

Meski belum ada putusan berkekuatan hukum tetap managemen PTPN 3 melakukan replanting tahun 2007 silam. Padahal, status lahan masih standpas. karena merasa didahului kelompok petani Sukses Mandiri menanami ubi kayu dilahan itu.”kami mempertahankan hak kami,”Eri Suhari.

Sementara itu, anggota DPRD Deli Serdang Alisman Saragih, menjelaskan berdasarkan PP No.40/1996, dalam waktu setahun bila HGU urung diperpanjang. maka selurut aset yang ada di atas lahan, harus dicabut.

Padahal, HGU berakhir tahun 2005 silam, bahkan hingga saat ini belum dikeluarkan izin perpanjangan HGU lahan 380 ha oleh BPN Pusat. “PP No 9 / 1999 pasal 29 tentang hak keperdataan hanya menyangkut soal mengawasi aset, dan bukan melakukan replanting, itu pun berlaku jika kewajiban sudah diselesaikan, dalam hal ini kewajiban PTPN 3 untuk memperpanjang harusnya sudah diajukan setahun sebelum HGU habis  masa berlakunya,”jelas Alisman.

Oleh karenanya DPRD Deli serdang adalam waktu dekat ini akan membawa permasalahan kebijakan replanting bermasalah di Kebun Sei Putih PTPN 3 ke KPK. Kuasa Hukum PTPN 3 Kusbianto, kegiatan replanting di atas lahan eks  HGU PTPN 3 Kebun Sei Putih merupakan kebijakan perusahaan. Meski ketentuan PP No.9/1999 pasal 29, yang menyebutkan bahwa PTPN 3 masih memiliki hak keperdataan menguasai aset sebagai pemegang HGU lama, sampai BPN belum melepaskannya ke negara.

“akibat perusakan yang dilakukan warga PTPN 3 melapor ke pihak berwajib,”bilangnya.  Distrik Manager PTPN 3, Jhony menyebutkan angka kerugian PTPN 3  sekitar Rp 16 juta-Rp 18 juta per hektare. Lahan yang dirusak karena  tanaman ubi kayu sekitar 174 Ha.”angka secara pasti saya kurang tau,  soalnya saat peristiwa itu berlangsung saya belum disini,”elaknya.

sumber :DNAberita

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

September 2011
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Statistik Blog

  • 8,666 hits
%d blogger menyukai ini: