//
you're reading...
Uncategorized

PTPN III TERIMA INTERNATIONAL QUALITY AWARD : DARI GOOD PERFORMANCE, KINI EMERGING INDUSTRY LEADERS

https://i0.wp.com/www.ptpn3.co.id/images/myoffice.jpg

PT Perkebunan Nusantara III sebagai salah satu BUMN Bidang Perkebunan memiliki visi menjadi perusahaan kelas dunia dengan kinerja prima dan tata kelola perusahaan terbaik melakukan pengukuran kinerja secara komprehensif melalui pendekatan Malcolm Baldrige. Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excelence (MBCFPE) merupakan panduan manajemen terbaik untuk membuat sebuah perusahaan menjadi unggul, ekselen, atau kelas dunia. Penghargaan (award) berbasis Criteria Baldrige telah membuat daya saing negara dalam percaturan global meningkat.

Penyelenggaraan IQA sudah menginjak di tahun yang ketujuh semenjak diluncurkan pada tahun 2005. Jumlah peserta meningkat 2,5 kali lipat dari jumlah ketika pertama kali IQA diselenggarakan. Untuk tahun 2011 jumlah peserta yang mengikuti awarding ini adalah 31 organisasi/perusahaan. Dari 31 (tiga puluh satu) perusahaan/organisasi yang mengikuti ajang tersebut baru 3 (tiga) perusahaan yang berada di Band Emerging Industry Leaders diantaranta PTPN III. Pemberian penganugerahan Awarding IQA 2011 dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 23 Nopember 2011 di Hotel Mulia. Penerima penganugerahan Awarding IQA 2011 untuk PTPN III oleh Marisi Butar-butar, Kepala Bagian PTB/TI mewakili Direksi yang diserahkan Mahmuddin Yasin selaku Wakil Menteri BUMN mewakili Menteri BUMN.

Award diberikan sebagai penghargaan kepada perusahaan yang telah menerapkan Kriteria Kinerja Ekselen berbasis Malcolm Baldrige melalui suatu proses asesmen. Hasil asesmen adalah feedback report berupa SKOR dan umpan balik berisi pernyataan tentang kekuatan-kekuatan (Strengths) dan peluang-peluang perbaikan (Opportunities For Improvement – OFI) yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan lebih lanjut.

Menurut Ketua Dewan Pembina IQAF Bacelius Ruru, SH.LLM bahwa pada tahun 2011 pertumbuhan yang menyolok perolehan dan peningkatan kriteria dan skor Baldirge adalah Fokus Tenaga Kerja dan Result, karena tenaga kerja mempunyai peran penting sebagai workcore di samping sistem kerja yang tangguh. Secara sepsifik keberhasilan kinerja suatu organisasi ditentukan adanya strong leadership.

Bagi PTPN III yang sudah berada di Band Emerging Industry Leaders harus terus meningkatkan performance untuk perbaikan dimasa-masa mendatang. Perolehan skor dan mendapatkan penghargaan itu penting, namun yang lebih terpenting adalah bagaimana Kriteria Baldrige menjadi darah daging di seluruh bagian perusahaan. Sungguh ideal bila semua komponen organisasi di perusahaan ini berpikir dalam kerangka Kriteria Baldrige demi kemajuan perusahaan yang kita cintai ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Statistik Blog

  • 8,669 hits
%d blogger menyukai ini: