//
you're reading...
Uncategorized

Pengembangan Kawasan Danau Toba Terhalang Fasilitas dan Infrastruktur

http://www.analisadaily.com/functs/viewthumb.php?id=pengembangan_kawasan_danau_toba_terhalang_fasilitas_dan_infrastruktur_274.jpeg&w=360
Medan, Dr RE Nainggolan mengatakan Sumatera Utara merupakan salah satu daerah tujuan wisata karena mempunyai 399 objek wisata yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu yang memiliki prospek yang paling baik adalah Danau Toba. Peraturan Pemerintah RI No 26 tahun 2008 10 Maret 2008 telah menetapkan Kawasan Danau Toba dan sekitarnya menjadi salah satu kawasan startegis nasional, selain kawasan Perkotaan Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo (Mebidangro).
‘’Namun sangat disayangkan potensi yang besar dimaksud serta kondisi beberapa daerah di kawasan strategis nasional masih belum terjamah dan masih jauh dari harapan khususnya kualitas dan kunatitas infrastruktur yang ada. Infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan dan bandara belum memenuhi standar untuk kelanca-ran distribusi barang dan jasa,’’ kata Dr RE Nainggolan pada seminar sehari pengembangan Danau Toba dengan tema “Pemberdayaan Potensi Ekonomi, Budaya, Pariwisata dan Lingkungan Kawasan Danau Toba yang digelar Panitia Pesta Danau Toba (PDT) 2011 bekerjasama de-ngan Forum Peduli Danau Toba mengge-lar di Aula Maratabe Pemprovsu, Senin (12/12).

Belum tahu

Sementara Bungaran Antonius Simanjuntak mengatakan kelemahan pemerintah selama ini dalam memajukan pariwisata antara lain, belum tahu arti dan fungsi pariwisata untuk kesejahteraan dan devisa. Selain itu menempatkan pejabat di Dinas Pariwisata yang tidak konseptual strategis (man behind the gun) bukan orang tepat pada bidangnya, belum punya program kerja operasional terarah, tidak mampu mengeksplorasi pengembangan dan sebagainya.

Parlindungan Purba menambahkan, hasil dari seminar sehari yang telah memberikan berbagai banyak masukan kepada Pemprovsu, Panitia PDT 2011 dan anggota DPD RI tentu akan ditindaklajuti dengan berbagai pertemuan dengan menteri terkait.

Ketua Panitia PDT 2011, Jhon Hugo Silalahi melalui Sekretaris Umum, Nurlisa Ginting dalam sambutan pembukaannya mengatakan latar belakang seminar ini adalah untuk mencari berbagai masukan dari berbagai pihak untuk pengembangan potensi kawasan Danau Toba.

‘’Dalam seminar ini terungkap banyak berbagai persoalan yang dihadapi dan segera harus diselesaikan pemerintah untuk memajukan kawasan Danau Toba. Salah satunya persoalan infrastruktur yang harus dibenahi dan berbagai lokasi destinasi pariwisata yang ada di kawasan Danau Toba,’’ujarnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Statistik Blog

  • 8,666 hits
%d blogger menyukai ini: